Deursoek hierdie blog

KEPALSUAN DALAM INJIL LUKAS DAN YOHANES

Injil Karangan Lukas
Inilah ayat-ayat yang hilang dari Injil karangan Lukas :

Luke 17:36 [NOT IN TEV]
Luke 23:17 [NOT IN TEV]


Dan berikut ayat-ayat palsu sebagai pengganti dari ayat-ayat yang hilang tersebut :

Lukas 17:36 [Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.]

Lukas 23:17 [Sebab ia wajib melepaskan seorang bagi mereka pada hari raya itu.]



Injil Karangan Yohanes
Dalam Injil karangan Yohanes ada sebuah ayat yang hilag yaitu Yohanes 5:4, hal ini dapat kita lihat pada versi Todays English Vesion :

John 5:4 [NOT IN TEV]

Dalam Injil karangan Yohanes Versi LAI Terjemahan Lama dan Terjemahan Baru tidak nampak adanya ayat palsu, karena pada ayat tersebut tidak ada tanda [ ] untuk menunjukkan ayat buatan penginjil, mari kita lihat kutipan ayat tersebut versi LAI Terjemahan Baru :

Yohanes 5:4 Sebab sewaktu-waktu turun malaikat Tuhan ke kolam itu dan menggoncangkan air itu; barang-siapa yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah goncangan air itu, menjadi sembuh, apa pun juga penyakitnya.

Namun, biar bagaimanapun menyembunyikan ayat palsu akan terendus juga dan membahayakan kridebilitas Alkitab itu sendiri, sehingga dalam Alkitab Terjemahan Baru Edisi 2 dan Alkitab dalam berbagai bahasa daerah ayat tersebut telah diberi tanda [ ] untuk menunjukkan bahwa ayat tersebut adalah ayat palsu buatan penginjil, bahkan kalimat dalam ayat sebelumnya juga sebagian palsu.

LAI Terjemahan Baru Edisi 2 :

Yohanes 5:3 dan di serambi-serambi itu berbaring sejumlah besar orang sakit: orang-orang buta, orang-orang timpang dan orang-orang lumpuh. [ Mereka menantikan guncangan air kolam itu.

Yohanes 5:4 Sebab sewaktu-waktu turun malaikat Tuhan ke kolam itu dan mengguncangkan air itu; siapa saja yang terdahulu masuk ke dalamnya sesudah guncangan air itu, menjadi sembuh, apa pun penyakitnya. ]

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking