Deursoek hierdie blog

AJARAN KETUHANAN TRINITAS KRISTEN DALAM KITAB PERJANJIAN BARU ADALAH NYATA PALSU !

INILAH FAKTA SEJARAH YANG SENGAJA DISEMBUNYIKAN OLEH PANDETA/PASTOR GEREJA KRISTEN.
AYAT TRINITAS KRISTEN KITAB PERJANJIAN BARU YANG TERMAKTUB DALAM KITAB BIBLE :
MATIUS 28:19, ADALAH KARANGAN PENULIS KITAB , TIDAK BISA DISANGKAL JELAS AYAT PALSU !


Perhatikan Injil Berbahasa Ibrani Shem Tov Terjemahan Dr. George Howard Th. 1995 Di Universitas Georgia USA, Berikut Ini:





Dalam MATIUS 28:19 TIDAK ADA Ayat Yang Berbunyi :
"Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,"
Ayat Diatas Adalah Semata-Mata Tambahan Gereja. Dan Tidak Pernah Diucapkan Dari Mulut Yesus Langsung !
(Injil Matius Shem Tov Berbahasa Ibrani Tersimpan Dalam Musium Bibliotheek Der Rijksuniversiteit, Leiden, Belanda)
Foto Junaedi Yusuf.
Foto Junaedi Yusuf.




Yesus Mesias Fellowship

Cahaya Untuk Bangsa

Koleksi bukti untuk melawan dan kata-kata tradisional frase pembaptisan di Matius 28:19
Hak Cipta 1962 oleh A. Ploughman
Semua Hak Reseved
Mungkin Tidak Akan Dikirim Pada Situs Web lain Tanpa Izin

Headings Of Chapters
http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew2819.html#On%20Textual%20Criticism%20Generally

http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew2819.html#Evidence%20Of%20The%20MSS
http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew2819.html#What%20Happened%20To%20The%20Earliest%20MSS

http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew2819.html#Evidence%20Of%20The%20Versions

http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew2819.html#Evidence%20Of%20The%20Early%20Writers

http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew2819.html#7.)How%20Biblical%20MSS%20Were%20Altered%20When%20The%20Great%20Apostasy%20Began
http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew2819.html#8.)Internal%20Evidence

http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew2819.html#9.)%20The%20Opinions%20Of%20Others
http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew2819.html#10.)%20Is%20It%20Important?


 " Bukti Matius 28:19 telah NYATA SENGAJA DIRUSAK oleh ajaran trinitas doktrin gereja!!
 Trinitarian KRISTEN KATOLIK telah berdosa terhadap Yesus Kristus
 karena telah dengan segala kecurangan memperkosa Alkitab dan menempatkan kata dalam HE SAID dalam Alkitab.
"Ketika bukti akan membuktikan bahwa kata-kata "Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus" yang ditambahkan ke kedalam Injil Matius adalah Ini tidak masuk akal bagi saya untuk dibaptis menjadi atas nama orang yang mati dan dibangkitkan di Roma dan Bapa dan Roh Kudus harus disebutkan dalam baptisan. Aku tidak bisa mendamaikan mengapa Rasul diabaikan Matius 28:19 karena sekarang ada di Alkitab KJV dan sebaliknya dibaptis dalam nama Yesus Kristus saja.
Ya, dalam baptisan mereka "YESUS HANYA." Tidak ada yang bisa menemukan baptisan lainnya dalam Perjanjian Baru, SELAIN PADA MATIUS 28:19 YANG NYATA SESUNGGUHNYA ADALAH AYAT PALSU!
Tidak ada yang dapat menyangkal ada maka SATU BAPTISAN ketika referensi dibuat untuk Mikvah Perjanjian Baru. Sekarang kita memiliki bukti nyata dan tek tidak bisa dipungkiri dan dunia trinitas telah Kristen dalam gemetar besar.

     Hal itu diketahui oleh Gereja Katolik sendiri bahwa orang Yahudi telah diawetkan salinan Injil Matius yang asli dalam bahasa Ibrani. Bagaimana ini dipertahankan dan diwariskan , tetapi kristen dan pengikutnya tidak mengatahui. Bahkan, tidak masalah. Itu ada dan itu sudah cukup bukti bahwa Allah menginginkannya diawetkan. Ada banyak upaya untuk menghancurkan crediability Ibrani Injil yang sangat berharga ini untuk alasan yang jelas. Ini adalah satu-satunya naskah yang ada yang membuktikan Matius 28:19 aslinya TIDAK PERNAH ADA MENGANDUNG FORMULA BABTISAN TRINITAS !!

Katolik dan Protestan tidak punya alasan lain untuk meragukan validitas naskah ini. Klaim bahwa itu adalah palsu tentu saja melayani diri sendiri untuk trinitas. Penolakan tersebut membuat Yesus mengatakan apa yang ia tidak mengatakan. Ini sendiri adalah kekejian. Ini adalah dosa untuk membuat Yesus mengatakan formula baptisan trinitas dan dimasukkan ke dalam mulutnya doktrin ketuhanan Trinitas mereka dibuat di Nicaea pada 325AD. Sekarang bahwa naskah ini dikenal di kalangan Apostolik Keesaan, kita akan mempromosikan fakta bahwa Gereja Katolik telah rela berbohong tentang Matius 28:19 dan Katolik pada umumnya (termasuk Ortodoks Timur) telah berbohong kepada dunia.

Setiap orang yang dibaptis dengan baptisan palsu ini telah meninggal hilang dan tanpa keselamatan, ditipu oleh Gereja Katolik. Ini kutukan dari jutaan adalah penipuan doktrinal terbesar yang pernah ditempatkan pada pikiran manusia. Jika orang-orang di trinitarianisme tidak melarikan diri dari penyimpangan ini dan akan dibaptis ulang dalam nama Yesus Kristus, mereka menerima hukuman mereka tidak memiliki keselamatan dalam baptisan palsu. Hal ini karena temuan ini bahwa banyak kaum Injili sekarang mengklaim baptisan tidak penting untuk keselamatan dan seseorang dapat diselamatkan tanpa itu.

Doktrin palsu Baptis ini dikembangkan oleh PANDETA/PASTOR DOKTRIN GEREJA ROMAWI mereka menemukan formula trinitas baptisan tidak dalam bahasa Ibrani Injil Matius yang asli. Menarik bahwa doktrin palsu mereka bisa melahirkan berdasarkan apa yang tidak ada dalam Alkitab, ketimbang apa yang ada di Alkitab. Trinitarian KATOLIK menyembunyikan pengetahuan tentang Injil Ibrani ini dari Keesaan Kerasulan. Tapi Tuhan memungkinkan bahwa melalui seorang sarjana Baptis, kebenaran tentang formula baptisan trinitas yang telah direkayasa/di ada-adakan penulis Alkitab akan dipublikasikan.

     Pada tahun 1995 Dr George Howard diterjemahkan salinan Shem Tov Matthew Ibrani Injil. Anda dapat membeli salinan "Ibrani Injil Matius" dari berbagai sumber. Anda dapat melihat bukti-bukti untuk diri sendiri. Untuk pertama kalinya dalam sejarah modern teks Matius 28:19 dari teks Ibrani Injil ini sedang diposting di internet.
Harap dicatat bahwa dalam ayat 19 tidak ada rumus trinitas.
Ini adalah bukti mutlak trinitas itu curang ditambahkan ke teks ini dalam Shem Tov Ibrani Matius Injil
Matius 28: 9-20


Untuk membeli salinan Ibrani Matius klik link ini

Saya membawa beban Kebenaran karena saya suka pesan dan utusan dari Covennat Baru,Pastor Ploughman mengekspos pernyataan trinitas Matius 28:19. Klik di sini.http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/mat2819.html

Komentar tambahan oleh para ahli kemudian yang penelitiannya mengkonfirmasi Yesus tidak pernah berbicara pernyataan trinitas dalam Matius 28:19. Klik di sini.http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew-proof.html

Baca Koleksi Clarke Wideman itu Baca CHForney (1883) Paparan pada penyimpangan Matius 28:19

Sedemikian rupa sehingga pembaca dapat menilai sendiri mana frase ditulis oleh Matius: "Dalam nama Bapa, dan Anak dan Roh Kudus" atau "dalam nama-Ku"?

BUKTI TIDAK BISA DISANGKAL ALKITAB ULANGAN SANGAT TEGAS MENYATAKAN "Janganlah kamu tambahkan kepada firman yang Kuperintahkan kepadamu, janganlah kamu mengurangi seharusnya dari itu, supaya kamu mematuhi perintah-perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu (Ulangan 4: 2).

Pentingnya hal ini ditunjukkan dalam bab terakhir dari pamflet ini. belum melihat atau mendengar sesuatu yang berhubungan dengan pertanyaan ini keaslian teks Matius 28:19, selain artikel dan huruf dalam majalah dan buku, sekarang keluar dari cetak dan ensiklopedi (tidak dapat diakses bagi kebanyakan orang).

Koleksi ini berkaitan dengan TEXT SEBENARNYA kitab suci, dan tidak dengan ajaran yang timbul sebagai akibat (meskipun aspek pengajaran akan kebutuhan muncul ketika kita mempertimbangkan BUKTI INTERNAL mengenai keaslian teks). Pengajaran ini didasarkan pada teks kitab suci: koleksi Bukti prihatin dengan teks.

1.) PENDAHULUAN

"Semua firman Allah adalah murni (Amsal 30: 5)."
Oleh karena itu Kitab Suci palsu keji!

David menulis: "Melalui ajaran-Mu aku mendapatkan pemahaman, karena itu saya benci segala jalan dusta Mazmur 119:. 104)"

Perhatikan kekuatan kata "karena itu"!

Jika seperti David, kita mengasihi Firman Allah, kita akan, karena ia, benci kitab palsu (lihat juga Yeremia 15:19; Yehezkiel 22:26; 44:23).

Banyak yang mengalami kesulitan mengenai ungkapan dari Matius 28:19, dan telah menulis kepada editor dan majalah. Sebagian besar editor membungkus kesulitan dengan kata-kata, frase, ide, pameran dan nasihat, yang semuanya baik di tempat yang tepat, namun bukan sebagai pembungkus untuk menyembunyikan diri kesulitan.

Pengecualian bersinar dengan aturan umum adalah bahwa dari Dr Thomas. Sebuah surat dari JR Lithgow tentang hal ini dan tanggal 28 Mei 1855, (diterbitkan dalam "HERALD THE," Oktober 1855) tetap tidak terjawab untuk waktu yang lama. Kami melakukannya dengan baik untuk tidak terburu-buru untuk kemungkinan "penjelasan."

Hal ini sekarang dikenal, dan tanpa ketidakpastian sedikit, bahwa ayat-ayat di 1Yoh 5: 7-8 dalam AV & KJV mengandung kitab palsu:

"Sampai pertengahan abad kesembilan belas teks dari tiga saksi 1Yohanes 5:. 7-8 bersama dengan Matius 28:19 tugas berat perabotan bukti alkitabiah Tritunggal ... (kata-kata palsu) sekarang ditinggalkan oleh semua otoritas kecuali Paus Roma. dengan konsekuensi seluruh berat membuktikan Tritunggal telah terlambat datang untuk beristirahat di Matius 28:19 (FC Conybeare). "

Tapi apakah nama-frase dalam Matius 28:19 juga palsu, atau itu asli? Biarkan hakim pembaca setelah memeriksa bukti.

  2.) Pada Kritik Tekstual Umumnya

The BUKTI sini disajikan akan menjadi empat macam:


1.) MSS
2.) Versi
3.) Kutipan
4.) Bukti Internal
Kebanyakan Alkitab membantu mengandung penjelasan singkat dari metode Kritik Tekstual. Sebagai contoh, Swete, dalam "Aids kepada Mahasiswa" di Variorum Alkitab mengatakan:

"Teks Perjanjian Baru bersandar pada kesaksian gabungan aliran bukti dokumenter - yang masih ada Mss, asli Yunani, versi kuno, dan" patristik "kutipan, ayat-ayat yaitu dikutip oleh suksesi penulis Kristen kuno yang dikenal sebagai" The ayah. "

Mengenai MSS: ". The tanda tangan dari Kitab Suci Perjanjian Baru mungkin hilang dalam beberapa tahun setelah mereka ditulis ada banding penulis Kristen awal mereka sebagai masih ada, ... pria tidak bisa mengantisipasi pentingnya mereka untuk anak cucu."

Mengenai Versi: "Selanjutnya dalam pentingnya SPM, saluran untuk transmisi teks Perjanjian Yunani, harus ditempatkan Versi kuno, yang dibuat dari manuskrip Yunani, dalam banyak kasus lebih tua daripada yang sekarang kita miliki. The Latin dan Syria Versi lama milik abad kedua, dan membawa kita kembali ke masa beberapa penerus langsung dari para Rasul. "

Mengenai tulisan-tulisan Patristik. "Jadi luas adalah kutipan dari Perjanjian Baru dalam penulis Kristen Yunani dan Latin dari lima abad pertama yang akan mungkin terjadi, dalam hal semua SPM dari Cannon telah mati, untuk memulihkan hampir seluruh teks dari sumber ini saja, ... masih ada sejumlah besar kasus di mana otoritas patristik pergi jauh untuk mengubah skala mendukung pembacaan disengketakan, atau melawannya. "

Seperti Matius 28:19: "The Encyclopedia of Religion and Ethics mengatakan - Ini adalah bagian utama dari bukti untuk pandangan tradisional Kalau tak terbantahkan, ini akan, tentu saja, menjadi penentu, tapi kepercayaan-nya impugned pada. alasan kritik tekstual, kritik sastra dan kritik sejarah. "

(Penulis Catatan: Kehadiran kata * membaptis * di Matius 28:19 juga diperdebatkan, tapi kita tidak sekarang peduli dengan hal ini: banyak bagian lain menegakkan kebenaran tentang Baptisan).

Apakah atau tidak nama-frase Matius 28:19 asli atau palsu dapat diputuskan hanya oleh bukti MSS., Versi, dari Tulisan-tulisan Patristik, dan dengan apa yang bergaya BUKTI INTERNAL. Karena itu marilah kita mempertimbangkan bukti SPM.

3.) Bukti Of The MSS

Untuk nama tiga:
Dua MSS awal. masih ada (Sinaiticus dan Vaticanus), yang ditulis pada abad ke-4, keduanya termasuk akhir Matius juga berisi nama tiga kali lipat. "Dalam semua masih ada MSS, ... teks ditemukan dalam bentuk tradisional (Encyclopedia of Religion and Ethics)."

Terhadap nama tiga:
Tidak ada bukti di MSS ditemukan sampai saat ini.

tapi--
Harus diingat bahwa kita tidak memiliki naskah yang ditulis dalam bahasa pertama, abad kedua, atau ketiga. Ada kesenjangan dari tiga seluruh abad antara penulisan Matius dan MSS yang berisi nama tiga kali lipat

Harus diingat bahwa tidak ada MS tunggal. bebas dari kesalahan tekstual. Beberapa memiliki kesalahan khas sendiri, dan beberapa memiliki seluruh keluarga MSS. memiliki kesalahan yang sama. Kritik tekstual bertujuan untuk mereproduksi dari pemeriksaan semua bukti apa yang mungkin kata-kata asli.

Tapi dari fakta-fakta menyatakan, itu adalah dalam kemungkinan bahwa semua MSS yang ada. mungkin memiliki satu atau lebih kesalahan tekstual yang sama. Kenyataan itu harus diakui, namun enggan.

Fakta lain yang harus kita hadapi adalah bahwa selama waktu-gap dari tiga ratus tahun ajaran palsu berkembang dan berkembang menjadi Kemurtadan Besar. Selain itu -. "The MSS Yunani dari teks Perjanjian Baru sering diubah oleh ahli-ahli Taurat, yang dimasukkan ke dalamnya pembacaan yang akrab bagi mereka, dan mereka yang dianggap bacaan yang tepat (Dr. CR Gregory, salah satu kritikus tekstual terbesar). "Namun aspek ini dibahas dalam bab berikutnya.

Penulis lain telah mengatakan ini: "Sebuah langkah besar ke depan diambil ketika kami mengusulkan untuk memungkinkan berat MSS, tidak sesuai dengan usia mereka, tetapi menurut usia teks yang mengandung Untuk Tregelles harus berasal kehormatan memperkenalkan.. metode ini prosedur, yang tepat disebut "kritik Perbandingan." ini adalah metode yang benar-benar ilmiah, dan membawa kita untuk pertama kalinya untuk hasil yang aman. ... Tapi sedikit pertimbangan akan memuaskan kita bahwa sebagai mesin kritik, ini metode ini jauh dari sempurna. ini akan memberikan kita dengan teks yang terbukti kuno, dan ini, sebagai langkah menuju teks yang benar, adalah keuntungan yang sangat penting. ini adalah sesuatu untuk mencapai teks yang pasti di ketiga atau abad kedua. Tapi ini bisa dianggap teks autographic HANYA. Jika kita dapat menunjukkan bahwa arus teks pada abad kedua atau ketiga adalah teks yang benar-benar murni. Jadi jauh dari ini, bagaimanapun, ada alasan untuk percaya bahwa sangat kesalahan paling menjijikkan yang pernah cacat teks telah memasuki sudah di abad kedua. ... Jika batu ujian kami hanya mengungkapkan kepada kita teks yang kuno, kita tidak bisa berharap untuk mendapatkan hasil apa-apa untuk kita, tetapi teks kuno. Apa yang kita inginkan Namun, bukan hanya kuno tapi teks yang benar. "

Tentu saja, ketika ia berbicara tentang "menjijikkan kesalahan" penulis tidak berbicara kesalahan pengajaran, tetapi, sebagai kritikus tekstual, kesalahan int dia teks itu sendiri.

Subjek korupsi teks Kitab Suci bersamaan dengan korupsi mengajar di gereja-gereja murtad dibahas dalam bab berikutnya.

Sebelum mencapai keputusan apapun, biarkan pembaca mempertimbangkan bukti Versi, karena beberapa dari mereka adalah awal dari salah satu MSS.

Tapi pertama-tama mari kita lihat apa yang terjadi pada MSS kuno.

4.) Apa yang terjadi dengan The MSS awal?

Mengapa kita tidak ada salinan dari Kitab Suci ditulis lebih awal dari abad ke-5 (kecuali untuk dua yang ditulis pada abad ke-4)?

Kutipan berikut akan memasok jawabannya: "." Diocletian di 303AD memerintahkan semua kitab suci untuk dibakar, ... tapi cukup bertahan untuk mengirimkan teks (Swete di Variorum "Aids)"

". Salah satu alasan mengapa tidak ada awal MSS telah ditemukan adalah bahwa mereka, saat ditemui, dibakar oleh para penganiaya orang Kristen: Eusebius menulis:" Saya melihat dengan mata saya sendiri rumah-rumah doa dilemparkan ke bawah dan razzed ke yayasan mereka , dan Kitab Suci terinspirasi dan sakral diasingkan ke api di pasar terbuka (HE viii 2.). "

"Di antara indra seperti dia tidak bisa gagal untuk mempelajari apa buku pria dianggap lebih berharga bahwa hidup mereka (Dr. Westcott: General Survey Sejarah Canon PB, hal 383.)."

5.) Bukti Of The Versi

Untuk nama tiga:
Semua versi yang masih ada yang mengandung akhir Matius berisi nama tiga kali lipat.

TAPI - "Dalam semua versi yang masih ada teks ditemukan dalam bentuk tradisional, meskipun harus diingat bahwa Latin kuno Afrika dan versi Syriac tua 'cacat pada saat ini' (Encyclopedia of Religion and Ethics).

Sekali lagi, ... Dalam satu-satunya naskah kuno yang akan lebih cenderung untuk melestarikan bacaan yang lebih tua, yaitu Sinaitic Syria dan tertua Latin Manuskrip tersebut, halaman yang PERGI yang berisi akhir Matius (FC Conybeare). "

Sehingga kita tidak memiliki MS. lebih awal dari abad ke-4, dan dalam kasus dua versi ini sebelumnya halaman akhir Matius telah dihancurkan?

Dalam keadaan seperti ini kita harus beralih ke kutipan awal, gaya yang "Tulisan-tulisan Patristik" dan memeriksa bukti-bukti mereka, untuk melihat bagaimana mereka mengutip Matius 28:19, dan kami akan melanjutkan untuk melakukan.

  6.) Bukti Dari Penulis Awal

"Dalam perjalanan saya membaca saya telah mampu membuktikan keraguan tersebut keaslian teks Matius 28:19 cara adalah dengan mengemukakan bukti-bukti patristik terhadap hal itu, sehingga berbobot bahwa di masa depan yang paling konservatif ulama akan menyusut dari beristirahat di atasnya setiap dogmatis kain sama sekali, sementara lebih tercerahkan akan membuangnya selengkap mereka memiliki nya sesama teks dari tiga saksi (FC Conybeare di Hibbert Journal). "

Seberapa benar ini? Apa saja fakta?

Sementara tidak ada MS. dari tiga abad pertama adalah tidak adanya, kita memiliki tulisan-tulisan setidaknya dua orang yang melakukan benar-benar memiliki, atau memiliki akses ke MSS. jauh lebih awal dari awal kami sekarang ada. Dan ada orang lain yang mengutip bagian dari Matius 28:19 di masa awal.

Siapa orang-orang ini? Kapan mereka menulis? Memiliki mereka akses ke awal MSS.? Apakah mereka dapat diandalkan dan tepat? Bagaimana mereka mengutip Matius 28:19? Ini adalah pertanyaan yang harus dijawab.

Hal ini diusulkan untuk menjadi maju bukti dari berikut ini, baik untuk kutipan langsung membentuk tulisan-tulisan mereka, atau tidak langsung melalui tulisan sezaman mereka, yaitu. Eusebius dari Kaisarea, penulis tidak diketahui De Rebaptismate, Origenes, Clement dari Alexandria, Justin martir, Makedonius, Eunomius dan Aphraates.

TAPI PERTAMA A KLARIFIKASI - Biarkan dinyatakan dengan tegas, bahwa jika pertanyaan di bawah pertimbangan adalah salah satu dari teologi, bukti ini "Bapa" akan tidak ada nilai apa pun. Doktrin kita harus diperoleh dari Firman Allah yang murni saja, dan bukan dari sumber lain. Ini disebut "Bapa" hidup dalam zaman kegelapan teologis, dan ketika kita memiliki terang Kitab Suci itu kebodohan untuk mencari di antara redup menyalakan lilin kegelapan teolog. Perhatian kita adalah untuk mencari tahu apa Matius menulis pada akhir bukunya.

Sebelum berurusan dengan penulis lain, mari kita Eusebius untuk integritas dan keandalan sebagai saksi, melihat bahwa dalam penyelidikan ini dia adalah saksi kunci.
Eusebius Sebagai Saksi

Ada beberapa orang nama ini. Yang dengan siapa kita prihatin dikenal sebagai Eusebius Pamphili, atau Eusebius dari Kaisarea. Dia lahir sekitar 270 M dan meninggal sekitar 340 M. Ia hidup di zaman kegelapan spiritual kotor, ia adalah seorang Trinitarian, dan di kemudian hari dia membantu dalam penyusunan Pengakuan Iman Nicea. Berikut mengikuti pendapat sejarawan dan lain-lain tentang Dia.

"Eusebius dari Kaisarea, kepada siapa kita berhutang untuk pelestarian begitu banyak karya-karya kontemporer kuno, banyak yang harus binasa ia tidak dikumpulkan dan diedit mereka" (Robert Roberts, Perusahaan yang baik, vol. III, halaman 10).

"Eusebius, guru Yunani terbesar dari Gereja dan teolog yang paling terpelajar pada masanya ... bekerja tanpa mengenal lelah untuk penerimaan kata murni Perjanjian Baru seperti itu datang dari para Rasul. Eusebius ... bergantung hanya pada seluruh naskah kuno , dan selalu terbuka mengakui kebenaran ketika dia tidak dapat menemukan kesaksian yang cukup "(EK di Christadelphian Monatshefte, Agustus 1923, Persaudaraan pengunjung, Juni 1924).

"Eusebius Pamphilius, Uskup Kaisarea di Palestina, seorang pria membaca luas dan pengetahuan, dan satu yang telah memperoleh ketenaran abadi oleh buruh dalam sejarah gereja, dan di cabang lain dari pembelajaran teologis." Ch. ii, 9 ... sampai sekitar 40 tahun ia tinggal dalam keintiman besar dengan martir Pamphilius, seorang terpelajar dan saleh Kaisarea, dan pendiri perpustakaan yang luas di sana, dari mana Eusebius berasal toko luas tentang pembelajaran. Eusebius adalah seorang sejarawan memihak, dan memiliki akses ke membantu yang terbaik untuk menyusun sejarah yang benar yang usianya diberikan "(JL Mosheim, catatan kaki editorial).

"Eusebius, untuk yang semangat kami berutang sebagian besar dari apa yang diketahui tentang sejarah Perjanjian Baru" (Dr. Westcott, General Survey Sejarah Canon Perjanjian Baru, halaman 108).

"Penulis yang paling penting pada kuartal pertama abad keempat Eusebius dari Kaisarea. Eusebius adalah orang yang sedikit orisinalitas atau penilaian independen. Tapi ia banyak dibaca dalam literatur Kristen Yunani dari abad kedua dan ketiga, sebagian besar yang kini irretrievably binasa, dan usia selanjutnya berhutang mendalam untuk jujur, jika agak bingung, dan pada saat tidak prasangka sedikit, pengetahuan "(Commentary Peake Alkitab, 1929, halaman 596).

"Beberapa ratus karya, beberapa dari mereka sangat panjang, yang baik secara langsung dikutip atau disebut sebagai dibaca (oleh Eusebius). Dalam banyak kasus dia akan membaca seluruh risalah demi satu atau dua pemberitahuan sejarah, dan harus mencari banyak orang lain tanpa menemukan apa-apa untuk melayani tujuan-Nya ... di bawah kepala kedua pertanyaan yang paling penting jika ketulusan Eusebius. apakah dia mengutak-atik materi atau tidak? The sarkasme Gibbon (Penurunan dan Kejatuhan, c. xvi) dikenal. .. bagian-bagian yang Gibbon mengacu tidak menanggung keluar imputasi nya ... Eusebius isi sendiri dengan mengutuk dosa-dosa ... secara umum, tanpa masuk ke rincian ... tapi tidak meninggalkan imputasi pada kejujurannya "(Kamus Christian Biografi dan Sastra).

"Eusebius adalah seorang sejarawan memihak, dan memiliki akses ke yang terbaik membantu untuk menyusun sejarah yang benar yang usianya diberikan." (J. L. Mosheim: catatan editoral).

"Dari saksi patristik ke teks Perjanjian Baru seperti berdiri di MSS Yunani, dari sekitar 300-340, tidak begitu penting karena Eusebius dari Kaisarea, karena ia tinggal di perpustakaan Kristen terbesar zaman itu, bahwa yaitu yang Origen dan Pamphilus telah dikumpulkan. Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa dari ini koleksi tunggal naskah di Kaisarea berasal bagian yang lebih besar dari yang masih hidup sastra ante-Nicea. di perpustakaan itu, Eusebius harus terbiasa menangani naskah kuno dari Injil yang lebih tua dengan dua ratus tahun dari awal dari uncials besar yang kita miliki sekarang di perpustakaan kami "(The Hibbert Journal, Oktober., 1902).

Begitu banyak untuk kejujuran, kemampuan, dan kesempatan Eusebius sebagai saksi teks Perjanjian Baru. Sekarang kita siap untuk mempertimbangkan bukti-nya pada teks Matius 28:19....

Bukti Of Eusebius

Setelah memperkenalkan saksi pertama, sekarang saatnya untuk memastikan apa yang ia tulis tentang teks Matius 28:19.

Menurut editor Christadelphian Monatshefte, Eusebius antara banyak tulisan yang lain mengumpulkan koleksi naskah rusak dari Kitab Suci, dan "yang paling serius dari semua pemalsuan mencela oleh dia, adalah tanpa diragukan lagi membaca tradisional Matius 28: 19. "

Permintaan Persistent telah gagal untuk melacak kompilasi disebut, dan Knupfer, Editor, telah meninggalkan alamat Kanada terakhirnya tanpa jejak. Namun berbagai pihak berwenang menyebutkan "karya KESENJANGAN berjudul DI INJIL atau PERTANYAAN DAN SOLUSI PADA BEBERAPA POIN DI INJIL SEJARAH" dan karya lain di THE BAGIAN PENUTUP DARI INJIL.

Menurut F.C. Conybeare, "Eusebius mengutip teks ini lagi dan lagi dalam karya-karyanya yang ditulis antara 300 dan 336, yaitu dalam komentar yang panjang pada Mazmur, Yesaya, ia Demonstratio Evangelica, Teofani nya ... dalam sejarah terkenal dari Gereja, dan di . yg berisi pujian tentang kaisar Constantine saya, setelah pencarian moderat dalam karya-karya Eusebius, ditemukan delapan belas kutipan dari Matius xxviii 19, dan selalu dalam bentuk berikut:. "

     "Pergilah, jadikanlah semua bangsa dalam nama-Ku, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu, apa pun Kuperintahkan kepadamu."

Saya telah mengumpulkan semua bagian ini kecuali satu yang berada dalam deretan diterbitkan oleh Mai di sebuah majalah Jerman, bulu Zeitschrift mati Wissenschaft neutestamentliche, diedit oleh Erwin Preuschen di Darmstadt pada tahun 1901. Dan Eusebius tidak puas hanya mengutip ayat dalam bentuk ini , tapi dia lebih dari sekali komentar di atasnya sedemikian rupa untuk menunjukkan betapa ia mengatur toko dengan kata-kata "dalam nama-Ku." Dengan demikian dalam bukunya Demonstratio Evangelica ia menulis demikian (col 240, hal 136..):

     "Karena dia tidak menyuruh mereka 'untuk membuat semua bangsa murid' secara sederhana dan tanpa kualifikasi, namun dengan penambahan penting 'dalam nama-Nya." Begitu besar itu kebajikan yang melekat pada sebutan bahwa Rasul berkata, Tuhan menganugerahinya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus setiap lutut segala yang ada di langit dan di bumi dan di bawah bumi. Itu benar Oleh karena itu ia harus menekankan kebajikan kekuasaan yang berada dalam nama-Nya, tetapi tersembunyi dari banyak orang, dan karena itu mengatakan kepada para rasul-Nya, pergilah, jadikanlah semua bangsa dalam nama-Ku. "

"Conybeare hasil: (di Hibbert Journal, 1902, p 105):" Jelaslah bahwa ini adalah teks yang ditemukan oleh Eusebius dalam naskah kuno dikumpulkan lima puluh sampai seratus lima puluh tahun sebelum kelahirannya oleh para pendahulu yang besar. Dari bentuk lain dari teks yang belum pernah mendengar, dan tahu apa-apa sampai ia telah mengunjungi Konstantinopel dan dihadiri Dewan Nice. Kemudian pada dua karya kontroversial yang ditulis dalam usia tua ekstrim, dan berhak, satu, "Against Marcellus dari Ankara," yang lain "Tentang Teologi Gereja," ia menggunakan bacaan umum. Salah satu tulisan lain nya juga mengandung itu, yaitu surat yang ditulis setelah dewan Nicea itu ke tahta-Nya Kaisarea. "

Dalam Kritik Tekstual nya dari Conybeare Perjanjian Baru menulis: "Jelas, karena itu, bahwa MSS yang diwarisi Eusebius dari pendahulunya, Pamphilus, di Kaisarea di Palestina, beberapa setidaknya diawetkan pembacaan asli, di mana tidak ada lagi baik Pembaptisan atau Bapa, Anak, dan Roh Kudus. sudah menduga oleh Dr Davidson, Dr. Martineau, oleh Dekan Westminister, dan oleh Prof. Harnack (lagi tetapi beberapa nama dari banyak) bahwa di sini teks yang diterima tidak dapat memuat semua sangat kata-kata Yesus? ini jauh sebelum orang kecuali Dr. Burgon, yang terus penemuan untuk dirinya sendiri, telah melihat bentuk Eusebian membaca. "

Keberatan dibesarkan oleh Dr. Chase, Uskup Ely, "yang berpendapat bahwa Eusebius menemukan Testus Receptus (texxt tradisional) dalam Mushaf, tapi diganti rumus pendek dalam karya-karyanya karena takut vulgar dan membocorkan formula Tritunggal suci." Sangat menarik untuk menemukan Uskup yang modern menghidupkan kembali sangat argumen yang digunakan 150 tahun sebelumnya, mendukung teks ditempa dari 1 Yohanes 5--

     "Bengel ... diperbolehkan bahwa kata-kata (Tiga Saksi) tidak dalam MSS asli ... pasti, maka, ayat ini palsu No: orang terpelajar menemukan jalan keluar bagian itu begitu luhur dan misterius. sifat yang disiplin rahasia Gereja menarik dari buku-buku umum, sampai itu berangsur-angsur hilang. di bawah apa keinginan bukti harus tenaga kerja kritikus yang resort untuk argumen seperti itu "--Porson (Pengantar surat-suratnya)!

Conybeare terus, menyangkal argumen Uskup Ely. "Ini adalah jawaban yang cukup untuk menunjukkan bahwa argumen Eusebius, ketika ia mengutip teks, melibatkan teks 'dalam nama-Ku." Sebab, dia bertanya, 'nama siapa? "dan jawaban bahwa itu adalah nama yang dibicarakan oleh Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Filipi 2:10. "

The Ency. Rel. dan Etika menyatakan:
"Fakta-fakta yang, dalam ringkasan, bahwa Eusebius mengutip Matius 28:19, 21 kali, baik menghilangkan segala sesuatu antara 'negara' dan 'mengajar', atau dalam bentuk 'membuat semua bangsa murid dalam nama-Ku,' yang terakhir berupa makhluk yang lebih sering. "

Sekarang mari kita lihat penulis awal lainnya yang mengutip Matius 28:19.

BUKTI PENULIS LAIN

PENULIS OF DE REBAPTISMATE

"Penulis anonim De Rebaptismate pada abad ketiga sehingga memahami mereka, dan berdiam panjang lebar tentang 'kekuatan nama Yesus dipanggil atas manusia oleh Pembaptisan" (De Rebaptismate 6,7 Smith Kamus Alkitab, Vol. I, p . 352).

ORIGEN
"Dalam karya Asal sebagai diawetkan dalam bahasa Yunani, bagian pertama dari ayat ini tiga kali dikemukakan, tapi kutipannya selalu berhenti pendek di kata-kata 'bangsa-bangsa;' dan itu sendiri menunjukkan bahwa teks itu telah mencela, dan kata-kata yang diikuti, "dalam nama-Ku, 'menyerang" (Conybeare)

CLEMENT OF ALEXANDRIA

. "Di halaman Clement dari Alexandria teks agak mirip dengan Matius xxviii 19 sekali dikutip, tetapi dari bidat gnostik bernama Theodotus, dan tidak dari teks kanonik, sebagai berikut:" Dan kepada para rasul yang memberi perintah. berkeliling memberitakan kamu dan membaptis mereka yang percaya dalam nama ayah dan anak dan roh kudus "(.... Excerpta, topi 76, ed Sylb p 987; --Conybeare).

JUSTIN MARTIR
"Justin Martyr mengutip ucapan Kristus sebagai bukti perlunya regenerasi, tapi kembali pada penggunaan Yesaya dan tradisi apostolik untuk membenarkan praktik baptisan dan penggunaan formula truine. Hal ini tentu menunjukkan bahwa Justin tidak tahu teks tradisional Matius 28:19 "(Ency. Rel. dan Etika, p 380)

"Di Justin Martyr, yang menulis antara tahun 130 dan 140, ada bagian yang telah dianggap sebagai kutipan atau gema Matius xxviii. 19 oleh berbagai sarjana, misalnya Resch dalam bukunya Ausser canonische Parallelstellen, yang melihat di dalamnya suatu pembatasan dari . teks biasa bagian ini dalam dialog Justin dengan Trypho 39, hal 258:. "Allah telah belum ditimbulkan tidak menimbulkan penghakiman, dengan mengetahui beberapa bahkan masih-hari sedang dilakukan murid dalam nama Kristus-Nya, dan meninggalkan jalan kesalahan, yang juga melakukan menerima hadiah masing-masing karena mereka menjadi layak, yang diterangi oleh nama Kristus ini. "Keberatan sampai sekarang kata-kata tersebut diakui sebagai kutipan teks kami adalah bahwa mereka mengabaikan rumus 'membaptis mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. "Namun penemuan bentuk Eusebian teks menghilangkan kesulitan ini, dan Justin terlihat untuk memiliki teks yang sama pada awal tahun 140, yang Eusebius teratur ditemukan dalam manuskrip 300-340 "(--Conybeare (Hibbert Journal p 106).

Makedonius
"Kami dapat menyimpulkan bahwa teks itu tidak cukup tetap ketika Tertullian adalah menulis pada awal abad ketiga. Pada pertengahan abad yang Siprianus bisa bersikeras pada penggunaan tiga formula penting dalam baptisan bahkan dari ortodoks. Paus Stephen menjawab kepadanya bahwa pembaptisan bahkan bidat yang valid, jika nama Yesus saja yang dipanggil "(Namun, keputusan ini tidak mencegah para paus dari abad ketujuh dari excommunicating seluruh Gereja Celtic untuk adhesi untuk penggunaan lama menyerukan satu nama). Di paruh terakhir abad keempat teks "dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus" digunakan sebagai pertempuran-teriakan oleh ortodoks terhadap penganut Makedonius, yang disebut pneumao-machi atau pejuang melawan Roh Kudus, karena mereka menolak untuk menyertakan Roh di Trinity orang sebagai co-sama, sehakikat dan co-kekal dengan Bapa dan Anak. Mereka juga tegas membantah bahwa setiap teks PB berwenang seperti koordinasi Roh dengan Bapa dan Anak. Dari mana kita menyimpulkan bahwa teks-teks mereka setuju dengan yang Eusebius "--FC Conybeare (Hibbert Journal, halaman 107).

Eunomius
"Pengecualian ditemukan yang mungkin mengarah ke praktek lama sekarat keluar Siprianus (Ep.73) dan Apostolik Kanon (no 50). Memerangi rumus pendek, sehingga membuktikan penggunaannya di tempat tertentu Tata Canon Apostolik 50 berjalan..:

     "Jika ada Uskup atau pendeta memenuhi bukan tiga pembaptisan 'dari satu inisiasi, tetapi satu baptisan yang diberikan (as) ke dalam kematian Tuhan, biarlah dia digulingkan."

"Ini adalah formula dari para pengikut Eunomius (Socr. 5.24) 'untuk mereka dibaptis tidak ke Trinitas, tetapi ke dalam kematian Kristus." Mereka sesuai digunakan perendaman tunggal saja "Ency. Biblica (Art. Baptisan).

APHRAATES

. "Ada satu saksi lainnya yang kesaksiannya kita harus mempertimbangkan Dia adalah Aphraates ayah Syria yang menulis antara 337 dan 345. Dia mengutip teks kita secara resmi sebagai berikut:

     "Membuat semua bangsa murid, dan mereka akan percaya pada saya."

"Kata-kata terakhir muncul menjadi gloss pada Eusebius membaca 'dalam nama-Ku." Tapi dalam hal apapun mereka menghalangi receptus textus dengan perintah untuk membaptis dalam nama Tritunggal. Apakah pembacaan Aphraates fakta terisolasi, kita mungkin menganggapnya sebagai kutipan longgar, namun di hadapan teks Eusebian dan Justinian ini adalah mustahil. "--Conybeare (THJ) halaman 107

Bagaimana MSS Alkitab Apakah Diubah Ketika The Great Apostasy Mulai


Kutipan-kutipan berikut akan menunjukkan kemudahan yang ahli Taurat secara bebas mengubah MSS Perjanjian Baru, sehingga tidak seperti ahli-ahli Taurat dan penjaga Kitab Suci Perjanjian Lama yang menyalin Kitab Suci dengan hormat dan akurasi yang ketat.

Kutipan ini juga akan menampilkan awal dari praktek trimurti perendaman pada saat doktrin Trinitas sedang dirumuskan.

Mereka juga akan menunjukkan bagaimana tulisan-tulisan Perjanjian Baru dibuat agar sesuai dengan praktik tradisional.

Conybeare
"Dalam hal hanya diperiksa (Matius 28:19), itu harus menyadari bahwa tidak naskah tunggal atau versi kuno telah diawetkan kepada kita membaca yang benar. Tapi itu tidak mengejutkan bagi Dr. CR Gregory, salah satu yang terbesar kritikus tekstual kita, mengingatkan kita, 'Yunani MSS dari teks Perjanjian Baru sering diubah oleh ahli-ahli Taurat, yang dimasukkan ke dalamnya pembacaan yang akrab bagi mereka, dan mereka yang dianggap bacaan yang tepat. Canon dan teks PB, 1907, halaman 424. "

"Fakta-fakta ini berbicara sendiri. Teks Yunani kami, tidak hanya dari Injil, tetapi surat-surat juga, telah direvisi dan interpolasi oleh penyalin ortodoks. Kita bisa melacak penyimpangan mereka dari teks dalam beberapa kasus, dengan bantuan kutipan patristik dan versi kuno. tapi ada harus tetap banyak bagian yang belum begitu dikoreksi, tapi di mana kita tidak bisa hari ini mengekspos penipuan. Hal itu perlu untuk menekankan titik ini, karena Drs. Westcott dan Hort digunakan untuk mengatakan bahwa tidak ada bukti perubahan hanya doktrin yang telah dibuat dalam teks Perjanjian Baru. ini hanya kebalikan dari kebenaran, dan seperti cendekiawan seperti Alfred Loisy, J. Wellhausen, Eberhard Nestle, Adolph Harnack, untuk menyebutkan hanya empat nama, jangan keberatan untuk mengakui kenyataan "

[Meskipun ini sangat benar, namun "Ada sejumlah alasan mengapa kita bisa merasa yakin tentang keandalan umum terjemahan kami." Peter Watkins, 'Menjembatani Gap' di The Christadelphian, Januari 1962, hlm. 4-8.]

Persaudaraan PENGUNJUNG (1924, hal. 148)
"Codex B. (Vaticanus) akan menjadi yang terbaik dari semua MSS yang ada jika itu benar-benar dipertahankan, kurang rusak, (kurang) dikoreksi, lebih mudah dibaca, dan tidak diubah oleh tangan kemudian di lebih dari dua ribu tempat. Eusebius, oleh karena itu , bukan tanpa alasan untuk menuduh para penganut Athanasius dan doktrin baru muncul dari Trinitas memalsukan Alkitab lebih dari sekali. "Persaudaraan Pengunjung, di The Christadelphian Monatshefte, 1924, halaman 148.

Whiston
"Kita tentu tahu lebih banyak interpolasi dan korupsi yang dibawa ke Kitab Suci ... oleh Athanasius, dan berkaitan dengan Doktrin Trinitas, daripada di kasus lain apapun. Sementara kita belum, yang saya tahu, apapun seperti interpolasi dan korupsi, dibuat di salah satu dari mereka dengan baik Eusebians atau Arian "surat kedua kepada Uskup London, 1719, halaman 15.

KAMUS SMITH'S OF CHRISTIAN
Antiquities [Art. Baptisan Sec. 50]
"Wwhile trimurti perendaman demikian semua tapi praktek universal, Eunomius (CIRC. 360) tampaknya telah pertama untuk memperkenalkan perendaman sederhana 'kepada kematian Kristus' ... Praktek ini dikutuk pada rasa sakit degradasi, oleh Canon .. Apost 46 (al 50) tapi datang sebelum kita lagi sekitar satu abad kemudian di Spanyol,. tapi kemudian, cukup aneh, kita menemukan itu dianggap sebagai lencana orthodixy bertentangan dengan praktek kaum Arian ini terakhir disimpan ke penggunaan perendaman Trine, tapi dengan cara seperti untuk menetapkan doktrin mereka sendiri gradasi dalam tiga Pribadi. "

OXFORD KAMUS DARI GEREJA Nasrani
"Dalam 'Two Ways' dari Didache, tugas utama dari calon Baptisan dan metode administrasi dengan perendaman tiga infus di kepala yang aoutlined. Perendaman tiga ini juga dibuktikan oleh Tertulliuan (Adversus Prax 26). ... bentuk yang paling rumit dari ritus dalam penggunaan Barat modern ini terletak di Gereja Katolik Roma "[hlm. 125-126].

HASTINGS KAMUS ALKITAB

"Di Gereja Timur, trimurti perendaman dianggap sebagai satu-satunya bentuk sah baptisan" [Vol. 1. p. 243 fn].

Catholic Encyclopedia

"The tiga kali lipat perendaman tidak diragukan lagi int yang sangat kuno dia Gereja. ... Objeknya adalah, tentu saja, untuk menghormati Tiga Pribadi dari Tritunggal Mahakudus di namanya itu diberikan" [p. 262].

Ency. AGAMA DAN ETIKA
"Jika dianggap banyak kritikus berpikir, bahwa tidak ada MS mewakili lebih dari resesi relatif terlambat dari teks, maka perlu diatur terhadap massa bukti naskah pengaruh praktek pembaptisan. Tampaknya lebih mudah untuk percaya bahwa teks biasa adalah dibawa oleh pengaruh ini bekerja pada teks 'Eusebian', daripada yang terakhir muncul dari mantan terlepas dari itu "[Art. Baptisan].

Conybeare
"Kelangsungan hidup eksklusif (3) di semua MSS., Latin Yunani dan, tidak perlu menimbulkan kejutan. Dalam satu-satunya naskah kuno yang akan lebih cenderung untuk melestarikan bacaan yang lebih tua, yaitu Sinaitic Syria dan tertua MS Latin., Yang halaman yang hilang yang berisi akhir Matius. Tapi dalam hal apapun konversi Eusebius ke lagi teks setelah dewan Nice menunjukkan bahwa pada waktu itu diperkenalkan sebagai semboyan ortodoksi ke semua kodeks. Kami tidak codex tua dari tahun 400, jika begitu tua, dan jauh sebelum waktu itu pertanyaan dari masuknya Roh kudus atas dasar persamaan di Trinity telah ditumbuk keluar, dan teks begitu berharga bagi partai mendominasi tidak bisa tidak membuat jalan ke setiap codex, apapun afinitas tekstual "[Hibbert Journal].

ROBERT ROBERTS

"Athanasius ... bertemu Flaivan, penulis lagu gereja, yang sejak itu telah universal dalam Kristen:" Kemuliaan bagi Bapa, dan Anak, dll 'Ini terdiri bertentangan dengan Arian lagu gereja: 'Maha Suci Bapa, oleh Putra, dalam Roh Kudus "[Robert Roberts, Perusahaan yang baik, Vol. iii, hal. 49].

Whiston
"The Eusebians ... kadang-kadang disebut sangat saat, tempat di mana, dan orang yang mereka (yaitu bentuk puji-pujian) pertama kali diperkenalkan ... sehingga Philoflorgius, seorang penulis yang sangat usia, meyakinkan kita dalam EXTRACTS Photius'S yang AD 348 atau sekitar itu, Flavianus, Patriarche Antiokhia, mendapat banyak biarawan bersama-sama, dan tidak ada pertama menggunakan doksologi ini publik, "Kemuliaan bagi Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus." [Surat Kedua tentang pemujaan primitif, 1719, hal.17].

HAMMOND
"Ada dua atau tiga sisipan dalam PB yang telah seharusnya memiliki asal-usul mereka dalam penggunaan gerejawi. Kata-kata tersebut, yang akrab dikenal dalam koneksi tertentu, yang mungkin dicatat dalam margin beberapa copy, dan dari situ menjadi dimasukkan oleh penyalin berikutnya;. atau keakraban Transcriber sendiri dengan kata-kata yang mungkin telah menyebabkan ia memasukkan mereka ini adalah sumber yang Dr. Tregelles menugaskan lagu gereja pada penutupan Doa Bapa Kami dalam Matius 6, yang ingin sebagian besar. otoritas terbaik. Mungkin juga Kisah 08:37, mengandung profesi pembaptisan iman, yang seluruhnya ingin di otoritas terbaik, menemukan jalan ke teks Latin dengan cara ini "[Hammond, Kritik Tekstual Diterapkan pada NT, (1890 ) p 23.]

_________________________________

Pembaca setelah meninjau bukti MSS, dari Versi dan tulisan-tulisan Patristik, tidak diragukan lagi telah mencapai kesimpulan bahwa pada abad-abad awal beberapa salinan Matius tidak berisi nama Tritunggal klausa. Dalam praktek hukum, di mana salinan dokumen hilang sama bervariasi, sumber daya yang harus apa yang disebut "Bukti internal," yaitu, perbandingan dengan sisa teks dokumen yang tidak dalam sengketa, dalam rangka untuk memastikan mana dari bacaan adalah lebih mungkin. Bab selanjutnya, karena itu akan ditetapkan beberapa Bukti internal ini.

Bukti internal

Metode ini berguna dalam memastikan teks asli Alkitab di mana dua atau lebih pembacaan memaksakan kehendak.

Sebagai contoh, mengambil kata "rusak" dalam 1 Kor. 11:24. Kebanyakan versi termasuk kata (dalam bahasa Yunani) tetapi MSS terbaik di tulisan pertama mereka (yaitu sebelum diubah oleh tangan kemudian) menghilangkan kata.

Mana yang benar?

Sekarang ayat-ayat berikut ini mencukupi untuk menentukan titik: Ex. 00:46; Nu. 09:12; Ps. 34:20; Yoh 19:36.

Tetapi di samping kami memiliki catatan verbatim dari kata-kata yang tepat dari Yesus di Lu. 22:19 "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu." Sehingga kata "rusak" yang ditunjukkan oleh Bukti internal untuk menjadi palsu, dan karena itu harus menyerang dari AV dan dikeluarkan dari nasihat dan doa di Melanggar dari roti.

Beberapa MSS Yunani kuno meninggalkan ruang kosong di mana kata ini muncul dalam salinan lainnya. Struktur kalimat dalam bahasa Yunani memerlukan beberapa kata untuk dimasukkan. Terbukti, beberapa juru tulis, melihat ruang ini (jujur dikosongkan oleh beberapa penyalin lain yang menahan diri dari memasukkan kata mereka sendiri untuk mengisi kesenjangan) membuat menebak dan tergelincir dalam kata untuk "rusak," demikian memulai kesalahan yang terus sampai ke AV, dan tetap dalam pelayanan Gereja Kristen di seluruh.

Versi Revisi berbunyi "yang diserahkan bagi kamu." Itu akan menjadi lebih benar, namun telah meninggalkan kesenjangan yang ditemukan pada awal MSS.

__________________________________________

Jadi, setelah menemukan bahwa dalam tiga abad pertama ada ada salinan Matius yang pada 28:19 tidak termasuk Tritunggal-nama, dan menjadi sangat menyadari bahwa salinan lain dari Matius, dan pada kenyataannya, semua salinan kemudian, tidak termasuk nama tiga kali lipat, kita harus meminta bantuan kepada bUKTI INTERNAL untuk memutuskan yang merupakan bacaan yang benar.

SATU UJI adalah bahwa KONTEKS tersebut

Memeriksa konteksnya, kita menemukan bahwa dalam AV arti dari bagian ini terhambat, tetapi jika kita membaca seperti di bawah, seluruh konteks cocok bersama-sama dan tenor instruksi selesai:

"Semua kekuatan diberikan kepada ME ... pergi karena itu ... membaptis dalam nama MY, mengajar mereka ... telah Kuperintahkan ... Aku bersamamu ..."

UJI LAIN adalah bahwa FREKUENSI

Adalah frase "dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus" digunakan di tempat lain dalam Alkitab? TIDAK SEKALI!

Apakah Yesus menggunakan frase "dalam nama-Ku" pada kesempatan lain? YES! 17 kali!
Matius 18: 5, 20; 24: 5
Mark 09:37, 39, 41; 13: 6; 16:17
Lukas 9:48; 21: 8
Yohanes 14:13, 14, 26; 15:16; 16:23, 24, 26, dll ..

UJI LAIN adalah bahwa ARGUMEN

Apakah argumen apapun Alkitab didasarkan pada kenyataan nama tiga kali lipat, atau baptisan dalam nama tiga kali lipat?

Tidak ada apa pun!

Adalah argumen dalam Alkitab didasarkan pada kenyataan baptisan dalam nama Yesus?

Ya! Ini adalah argumen dalam 1 Kor. 01:13:

"Apakah Kristus terbagi-bagi?

Paulus disalibkan karena kamu?

Apakah Anda dibaptis dalam nama Paulus? "

Dari argumen ini, jika dianalisis dengan cermat, maka akan muncul bahwa orang percaya harus dibaptis dalam nama itu Dia yang disalibkan bagi mereka. Bapa, dalam kasih-Nya yang luar biasa, memberi kami Putra yang dikasihi-Nya, yang oleh Roh dinaikkan menjadi korup, tetapi itu adalah Tuhan sendiri yang telah disalibkan, dan nama HIS, oleh karena itu, harus percaya dibaptis dalam air.

Dr Thomas mengatakan: "Hanya ada satu cara untuk percaya hal-hal tentang Kerajaan Allah, dan Nama Yesus Kristus, untuk menempatkan dia di, atau untuk diinvestasikan dengan namanya, dan itu adalah, dengan selam dalam namanya. Baptisan adalah untuk tujuan ini khusus "[Terungkap Misteri, Seni. XLIV].

"Tidak ada nama lain di bawah kolong langit"? Tidak ada nama atau nama lain? "diberikan di antara manusia, dimana kita harus diselamatkan." Kisah Para Rasul 4:12.

"Adapun maknanya: baptisan terkait tak terpisahkan dengan kematian Kristus itu adalah sarana identifikasi orang percaya dengan kematian Tuhan?" [Way Allah, p190].

Sekarang Ayah tidak mati, begitu pula Roh.

"Dikuburkan dengan dia" (bukan Bapa, Anak, dan Roh Kudus) Rm. 6: 3-5.

Robert Roberts menggunakan argumen ini: "Menurut trimurti-perendaman, itu tidak cukup untuk dibaptis ke Anak Jadi Kristus dipindahkan dari posisinya sebagai link-pintu yang menghubungkan pintu masuk.? 'Cara baru dan hidup." Dan dengan demikian ada tiga nama di bawah langit dimana kita harus diselamatkan, bertentangan dengan deklarasi apostolik, "bahwa tidak ada nama lain (selain nama Yesus Kristus dari Nazareth) di bawah kolong langit yang diberikan di antara manusia dimana kita harus diselamatkan" [Sejati Sifat Pembaptisan, p. 13].

Ini, tentu saja, adalah argumen yang sama seperti Paulus (lihat di atas), dan meskipun RR tidak begitu berniat, argumennya sama efektif terhadap penggunaan nama Tritunggal sebagai terhadap praktek Tritunggal-perendaman. Apakah kamu dibaptis dalam nama Paulus, atau nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus, atau nama lain yang menggantikan Kristus dari jabatannya sebagai 'penghubung' sebagai nama HANYA untuk keselamatan? Itulah argumen, dan menegaskan teks asli Matius 28:19 mengandung frase "dalam nama-Ku."

UJI LAIN adalah bahwa ANALOGI

Apakah ada sesuatu dalam Alkitab analog dengan baptisan dalam nama Trine?

NO!

Apakah ada sesuatu yang analog dengan baptisan dalam nama Yesus?
YES! Bapa mengutus Roh Kudus dan dibaptis para murid menunggu dengan Roh dalam nama Yesus. Yohanes 14:26. Ada alasan untuk ini. Roh Kudus adalah janji (Kisah Para Rasul 2:33) yang menerima Kristus pada naik kepada Bapa dan hanya mereka yang berada di badan hukum Kristus, yang Ecclesia, yang merupakan Tubuh-Nya hanya mereka bisa menerima hadiah, dan hanya karena mereka dalam satu tubuh. Tuhan Yesus Kristus adalah "penghubung" baik untuk baptisan air dan baptisan dalam roh "[Yohanes 3: 5].

UJI LAIN adalah bahwa AKIBAT

Dalam dibaptis, kita memakai nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus?

NO!

Apakah kita memakai nama Yesus?

Dr Thomas menulis: "Orang percaya Injil Yesus diberitakan dibenarkan oleh iman melalui nama HIS, yaitu iman Ibrahim dan disposisi dihitung kepada mereka untuk bertobat dan pengampunan dosa, dalam tindakan menempatkan pada nama Yesus , Kristus "[Terungkap Misteri, Seni. XLIII].

Tuhan berkata, "Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku" [Yohanes 14:20]. Tidak sampai Ribuan tahun telah berlalu, dan Tuhan Yesus Kristus kembali nya "Kerajaan Allah, bahkan Bapa" 1 Co 15: 24-28, Allah akan menjadi semua dan dalam semua. Sampai kemudian kita mungkin tidak bercita-cita untuk menjadi "di dalam Bapa."

Orang-orang percaya menanggung nama YESUS sekarang, dan nama yang tidak disebutkan dalam Re. 03:12. Orang-orang percaya tidak sekarang menanggung nama Bapa, maupun nama baru Yesus, atau nama Kota Allah, tapi tiga nama ini berjanji untuk setia. Kemudian, tidak sekarang, akan kita menanggung nama Bapa.

[Lihat als sangat baik artikel berjudul CATATAN PADA MENARIK ALKITAB Idiom oleh HA WHITTAKER di CHRISTADELPHIAN untuk September, 1959, hlm. 393-4].

UJI LAIN adalah bahwa PRAKTEK

Apakah para murid kemudian membaptis dalam nama tiga kali lipat?

PERNAH!

Apakah mereka membaptis dalam nama Yesus?

SELALU! Kisah Para Rasul 2:38, 8:16, 10:48, 19: 5, 22:16, dll ..

Anoter TEST adalah bahwa dari KESAMAAN TINDAKAN

Baptisan adalah ritual simbolik. Satu-satunya ritual simbolik lainnya dari Ecclesia adalah melanggar roti.

Yang terakhir adalah Persekutuan orang-orang yang telah mengalami mantan: dan tidak ada yang lain.

Ini adalah perjamuan Tuhan, bukan yang dari trinitas! (Tubuhku, darah saya)

UJI LAIN adalah bahwa PENTINGNYA

Salah satu makna yang terlibat adalah bahwa pengampunan dosa.

John tidak "memberitakan baptisan pertobatan untuk pengampunan dosa." Yesus tidak dosa yang akan dikirimkan. Tidak memiliki dia tentang apa untuk bertobat.

Ketika seorang pria membawa seekor anak domba kepada imam, ia meletakkan tangannya di atas anak domba, dan anak domba disembelih, dan orang itu menerima pengampunan dosa-dosanya. Tanpa penumpangan tangan dosa tidak bisa dialihkan ke anak domba.

Ini adalah pentingnya pembaptisan Yesus oleh Yohanes. Ketika kita dibaptis (seperti ketika murid-murid Yohanes dibaptis), dosa-dosa kita yang dilepaskan, dikirimkan, hanyut, dan kami muncul tanpa dosa. Tuhan memasuki air baptisan untuk mengambil ke atas dirinya yang sangat dosa. Ia masuk berdosa dan muncul menanggung dosa seluruh dunia!

Bagaimana kita tahu?

Hal itu diungkapkan John, yang seru. "Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia" [Yohanes 1:29].

Itu YESUS sendiri (dan bukan Bapa, Anak, dan Roh Kudus) yang dibaptis, dan menjadi Anak Domba Allah untuk mengambil dosa.

Sehingga penting di sini diuraikan membutuhkan frase di Ma. 28:19 menjadi "dalam nama-Ku."

UJI LAIN adalah bahwa paralel AKUN

Sekarang terjadi bahwa Matius tidak sendirian dalam merekam kata-kata Yesus sebelum kenaikan-Nya. Mari kita bandingkan rekening paralel Lukas 24: 46-47: yang menulis dalam orang ketiga:

"Dan itu pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan DALAM NAMANYA di antara semua bangsa."

Oleh karena itu bagian ini mengembalikan teks yang benar untuk Matius 28: 19- "dalam nama-Ku."

Selanjutnya, dua belas ayat terakhir dari Mark mencatat wacana terakhir Yesus sebelum kenaikan-Nya. Jika hal ini dianggap sebagai tulisan terinspirasi dari Mark sendiri, maka kita belum saksi lain untuk teks yang benar, untuk Mark, setelah menggunakan kata-kata yang mirip dengan Matius: -

"pergilah ... seluruh dunia ... mengabarkan .... Setiap makhluk ... membaptis ..."

meliputi bukan nama Tritunggal tetapi frase - ". dalam nama-Ku"

UJI LAIN adalah kutipan PELENGKAP

Ada kemiripan yang mencolok antara Matius 28:19 dan Roma 1: 4-5; mantan berisi Komisi Kristus ke Rasul-Nya, sedangkan yang kedua adalah pemahaman Paulus dan penerimaan Komisi sendiri sebagai seorang Rasul.

Matius 28: 18-20
Semua DAYA diberikan kepada ME
Pergilah
ajarlah mereka melakukan
semua bangsa



Roma 1: 4-5
an Anak Allah yang DAYA
diterima .... kerasulan
untuk ketaatan kepada iman
semua bangsa

Dan kemudian berikut di Roma 1: 5,
bukan nama Tritunggal, tetapi phrase- "NAMANYA."

UJI LAIN adalah bahwa PRINSIP

Hal ini written--

"Apa pun yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus" [Kolose 3:17].

Sekarang di sini adalah prinsip yang ditetapkan, dan kata komprehensif "apapun" tentu termasuk baptisan, yang merupakan ritual yang melibatkan kata dan perbuatan.

Sekarang dari pembacaan alternatif Matius 28:19, nama tiga kali lipat ini jelas tidak sesuai dengan prinsip di atas. Ungkapan pendek adalah. Ini item Bukti internal, oleh karena itu, membuktikan mana dari dua bacaan varian yang palsu.

Bahwa ini benar, terbukti dengan Kitab Suci lain. Itu Paulus yang diucapkan Prinsip. Apakah itu, menurut pendapatnya, termasuk baptisan? Ac 19: 3-5 memberikan jawabannya. Baptisan Yohanes, seperti Pembaptisan Yesus (dulu dan sekarang), adalah baptisan pertobatan untuk pengampunan dosa. Mk 1: 4, Ac 2: 38-39. Dan Yohanes memberitakan juga kedatangan Mesias yang harus membaptis dengan Roh Kudus. Perbedaan antara baptisan Yohanes dan baptisan setelah Pentakosta adalah bahwa yang terakhir itu atas nama YESUS.

PERBEDAAN LAINNYA YANG TERCANTUM DALAM KITAB SUCI. Sekarang ada tertulis dari para murid di Efesus bahwa meskipun mereka telah dibaptis kepada baptisan Yohanes, mereka kemudian dibaptis lagi, di hadapan Paulus, tetapi "dalam nama Tuhan Yesus" [Ac 19: 3-5].

Tes ini memberikan bukti ganda-kuat keaslian frase "dalam nama-Ku" di Ma. 28:19.

Allah mengetahui sebelumnya catatan kata-kata perpisahan Yesus kepada murid-Nya akan dirusak. Dia, dalam kebijaksanaan-Nya, diberikan obat untuk mereka yang memiliki "mata untuk melihat" dalam memberikan prinsip yang diucapkan oleh Paulus dalam Kol 3:17 dan catatan aplikasi Paulus itu Prinsip dalam Kisah Para Rasul 19: 3-5.

Pendapat Of Lainnya

Bukti yang cukup telah diproduksi untuk memungkinkan pembaca untuk memutuskan apakah atau tidak Tritunggal-nama dalam Matius 28:19 adalah palsu. Pendapat berikut ini diberikan melalui cara-cara yang menarik. Tapi pembaca tidak boleh dipengaruhi oleh mereka. Dia harus membuat penilaian sendiri pada bukti sebelum membaca lebih lanjut.

HASTINGS Ency. AGAMA DAN ETIKA
"Bukti kumulatif dari tiga baris kritik (Kritik Tekstual, Kritik Sastra, dan Kritik Sejarah) demikian jelas bertentangan dengan pandangan bahwa Matius 28:19 (dalam AV) merupakan kata-kata yang tepat Kristus" [Art. Baptisan: Kristen awal].

DR. Peake
"Perintah untuk membaptis dalam nama tiga kali lipat adalah akhir ekspansi doktrinal. Alih-alih kata-kata, 'Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus" kita mungkin harus membaca cukup-'into saya nama "[Bible Commentary, hal. 723.

F. Whiteley di KESAKSIAN THE
"Ada rumus pembaptisan 'tritunggal', yang dapat membuktikan sangat rusak buluh ketika diselidiki secara menyeluruh, tapi ... kita bisa meninggalkannya untuk pengobatan terpisah. Para bijaksana mungkin merenungkan, sementara, mengapa seseorang tidak dapat menemukan satu satu contoh dalam Kisah Para Rasul atau surat-surat kata-kata yang pernah digunakan di salah satu dari banyak baptisan dicatat, meskipun perintah eksplisit Kristus (tampaknya) pada akhir Injil Matius "[Kesaksian (Oktober 1959) p. 351. Art. Kembali ke Babel (4).

WILLIAMS R.R.
"Perintah untuk membaptis dalam Matius 28:19 diperkirakan menunjukkan pengaruh doktrin yang dikembangkan Allah di ambang Trinitarianisme. Baptisan awal dalam nama Kristus. Hubungan konsepsi Trinitas ini dengan baptisan menunjukkan bahwa baptisan itu sendiri dirasakan menjadi pengalaman dengan referensi Trinitas "[Teologi Workbook Alkitab, hal. 29].

DEAN STANLEY
"Tak diragukan lagi bentuk yang lebih komprehensif di mana baptisan sekarang di mana-mana diberikan dalam nama tiga kali lipat ... segera digantikan bentuk sederhana dari yang di Nama Tuhan Yesus hanya" [Christian Lembaga].

E.K. di PENGUNJUNG Persaudaraan
"Kontras mencolok dan koherensi internal yang tidak logis dari bagian ini ... menyebabkan anggapan dari korupsi disengaja untuk kepentingan Trinitas. Pada zaman Kristen kuno kecenderungan pihak-pihak tertentu untuk merusak teks Perjanjian Baru tentu sering diperhitungkan. Hal ini meningkatkan keraguan kami hampir kepastian yang menentukan mengenai keaslian dari bagian itu. "

Seni. Pertanyaan dari Trinitas dan Matius 28:19. 1924, hlm. 147-151, trans dari Christadelphian Monatshefte.

DR. ROBERT MUDA
Dalam Terjemahan harfiah dari Alkitab Dr Robert Young menempatkan nama Tritunggal di Ma. 28:19 di kurung, sehingga menunjukkan kata-kata untuk menjadi diragukan keasliannya.

JAMES Martineau
"Sangat akun yang memberitahu kita bahwa pada akhirnya, setelah kebangkitan-Nya, ia menugaskan murid-muridnya untuk pergi dan membaptis di antara semua bangsa, mengkhianati dirinya dengan berbicara dalam bahasa Triniitarian abad berikutnya, dan memaksa kita untuk melihat di dalamnya gerejawi Editor , dan bukan penginjil, apalagi Pendiri sendiri "[Kursi Kuasa, 1905, hlm. 568].

HITAM'S BIBLE DICTIONARY
"The formula Tritunggal (Matius 28:19) adalah tambahan akhir oleh beberapa pikiran Kristen hormat."

Ency. AGAMA DAN ETIKA
"Penjelasan yang jelas dari keheningan Perjanjian Baru pada nama Tritunggal, dan penggunaan rumus lain dalam Kisah Para Rasul dan Paulus, adalah bahwa formula lain ini adalah awal, dan bahwa rumus Tritunggal adalah tambahan nanti."

PROF. Harnack
Menolak teks hampir menghina sebagai "tidak ada firman Tuhan" [History of Dogma) edisi Jerman. i 68).

F. Whiteley
di
kESAKSIAN THE

"Hati nurani Clerical banyak bermasalah (lihat Comp. Bible App. 185) bahwa rasul dan surat-surat tidak pernah mempekerjakan 'Nama Tritunggal' Matius 28:19. Bahkan Trinitarian, mengetahui Trinity ide sedang ditentang oleh Gereja di abad ke-4, mengakui (misalnya Peake) 'perintah untuk membaptis dengan nama tiga kali lipat adalah ekspansi doktrin terlambat, "tapi sebelum tertua belum diketahui Ms. (abad ke-4) (counterpart-satunya Its, 1 Yohanes 5:. 7 adalah interpolasi terbukti) Eusebius (AD. 264-340) mencela bentuk Tritunggal sebagai palsu, tulisan yang sebenarnya Matius yang telah 'dalam nama-Ku'. "[Catatan kaki Art: Baptisan (5) dalam Kesaksian The, Agustus 1958].

Apakah itu Penting?

Artinya, itu penting apakah kita mengubah teks Ma. 28:19 atau tidak?


Orang yang standar penghakiman adalah ide sendiri akan menjawab di negatif. Tapi orang-orang yang mengakui bahwa pikiran Allah tidak pikiran kita hati-hati akan mempertimbangkan hal tersebut dalam terang Kitab Suci, dan ingat bahwa dalam hal ilahi ditunjuk tindakan simbolis, dengan rincian tersebut sangat penting. Ma. 28:19 hubungannya dengan aksi simbolis tersebut.

Sebagai contoh:
(a) menawarkan Kain kekurangan darah dan ditolak.
(b) Sabat tongkat pengumpul hangus hidupnya.
(c) Uza mati untuk menyentuh Ark.

Mungkin Tuhan tidak senang karena mereka dirusak potret dalam jenis Kristus, untuk (a) penebusan-Nya dengan darah, (b) sisa milenium, dan (c) yang pilihannya.

Sekarang setiap tindakan simbolis yang diperlukan oleh Tuhan tidak hanya satu atau lebih penting, tetapi PENYEBAB sebenarnya sangat nyata END-EFFECT.

1. Ketika Yosua menunjuk tombaknya ada kemenangan, Yos 8:. 18-19
2. Hanya tiga kemenangan diberikan kepada Yoas ketika ia memukul tanah tapi sekejap mata, 2 Raj. 13: 19-25
3. Domba Paskah adalah menjadi tidak bercela, Ex. 12: 5 (sebagaimana Kristus), jika rumah tangga itu harus dipertahankan ... dari malaikat maut.

Tidak ada dalam ritual Allah tanpa arti atau hasil. Ketika ia speaks-- hal itu dilakukan! Kristus disebut Lazareth dan -Lazareth datang sebagainya! Dalam hal ritual (baptisan dan roti melanggar) kita berhadapan dengan ritual Allah, bukan manusia seperti ritual Gereja Katolik Roma yang, yang buatan manusia, tidak memiliki efek lebih lanjut atau hasil.

Sehingga, di satu sisi, setiap penyimpangan dari rincian yang ditunjuk adalah tidak menyenangkan Allah, dan sangat jelas begitu, dan di sisi lain, ketaatan pada rincian ditetapkan secara ilahi akan mencapai itu di mana kepada mereka dikirim.

Sekarang dalam hal penyelidikan kami, penting untuk menyelesaikan apa yang adalah firman Allah, agar kita dapat taat. Ini adalah tujuan De. 4: 2, "Janganlah kamu tambahkan ... tidak ... mengurangi seharusnya ... supaya kamu mematuhi perintah-perintah." Pertama-tama karena itu, kita harus menghapus kalimat palsu di Ma. 28:19, dan dengan semangat seperti itu dari Guru kita dalam mengusir orang-orang yang seharusnya tidak berada di Bait Allah, atau seperti yang Nehemia dalam mengusir Tobia itu "barang."

Salinan tunggal gratis dan pasca bebas dari Compiler yang:

A. Ploughman
8, Coplow Terrace, Coplow Street, Birmingham 16, UK

Pertanyaan dan Korespondensi yang akan dikirim ke:

JAMES CARTER
The Bungalow, ramah, Sowerby Bridge, Yorks.

kontak tambahan

Pastor A. G. Broughton
12 Kemeys Jalan
Rhoose, Glam

CATATAN KHUSUS UNTUK SEMUA:
Tak satu pun dari alamat di atas sekarang baik atau saat ini. Pastor pembajak kini meninggal dan hak cipta dipertahankan oleh Apostolik Theological Bible College, 7911 N. 40th Street, Tampa, Florida 33604.

Penelitian ini merupakan dalam bentuk buku asli dan dapat dibeli untuk $ 5,95 dari ATBC. ATBC telah memberikan izin Yesus Mesias Fellowship untuk posting ini di internet. Anda dapat menyalin untuk penggunaan pribadi Anda sendiri tetapi Anda mungkin tidak dijual kembali tanpa izin dari ATBC.

Informasi Tambahan, pendapat ulama kemudian mendukung klaim Pastor Ploughman bahwa Matius asli 28:19 TIDAK MENGANDUNG pernyataan trinitas. Klik disini http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/mat2819.htmluntuk melihat komentar ini.

Baca mengekspos bahwa aslinya Ibrani Matius tidak mengandung pernyataan trinitas. Klik di sini http://jesus-messiah.com/apologetics/catholic/matthew-proof.htmldan melihat bagaimana trinitas telah menempatkan di bibir Yesus sesuatu yang dia tidak pernah mengatakan.

homepage

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking